oleh

SURAT TERBUKA KNPI KEPULAUAN SERIBU TENTANG OBSERVASI VIRUS CORONA DI PULAU SEBARU KECIL

SURAT TERBUKA

Jakarta, 27 Februari 2020

Kepada Yth.
Presiden Republik Indonesia
Bapak Ir. H. Joko Widodo

Dengan Hormat serta Salam Kami Ingin Sehat,

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Sebelumnya, Kami masyarakat Kepulauan Seribu selalu berdoa kepada Allah SWT agar Bapak Presiden selalu dinaungi keberkahan hidup, kesehatan, dan selalu dipermudah segala urusan untuk menciptakan Negara Indonesia yang Baldatun Thayyibatun wa Rabun Ghofur.

Bapak Presiden yang kami banggakan, Melalui surat terbuka ini, Kami meminta agar Pemerintah Pusat mengkaji ulang rencana observasi 188 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kapal Pesiar World Dream ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu (Pulau Sebaru Kecil).

Karena, Kami meyakini bahwa rencana itu pasti menimbulkan keresahan dan kekhawatiran serta ketakutan yang luar biasa terhadap sosial kehidupan bermasyarakat, lantaran kita semua sudah mengetahui dampak dari virus corona (CoVid+19) dari publikasi media selama ini.

Bapak Presiden,
Bagaimana negara besar seperti Tiongkok (China) mengalami goncangan semua aspek yang dimiliki. Negara kuat dan maju lainnya pun seakan menyerah menghadapi virus ini. Lalu, Kami hanya 28 ribu jiwa, yang kebetulan bernasib kurang baik karena dalam waktu dekat ini akan dihantui ketakutan seperti rakyat Tiongkok atau negara-negara lainnya yang positif virus corona.

Bapak Presiden,
Mendasari itu, kami meminta dan menuntut agar Negara memberikan hak kami yakni hak hidup dan hak sehat. Dari itu pula, Kami Masyarakat Kepulauan Seribu menyatakan sikap sebagai tersebut di bawah ini :

“Minta WNI dari Kapal Pesiar World Dream diobservasi di kapal KRI TNI AL Dr Soeharso dengan radius 100 mil laut dari pulau berpenduduk dan tidak diturunkan di Pulau Sebaru Kecil. Tujuannya agar dapat diobservasi di lepas pantai dan tidak menimbulkan keresahan seperti saat ini, yang dimana kapal KRI TNI AL Dr Soeharso jauh lebih memiliki fasilitas lengkap di banding dengan Pulau Sebaru”.

Kami memang dalam posisi tidak berdaya bilamana negara yang meminta dan pemerintah Pusat tetap melakukan kebijakan penempatan observasi di Pulau Sebaru. Akan tetapi Kami memiliki hak dasar sebagai warga negara seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 untuk mendapat jaminan hidup sehat dan terlindungi dari ancaman bahaya, maka beberapa hal dibawah ini, kami minta dipenuhi; yakni sebagai berikut :

  1. Meminta pemerintah pusat dan daerah memberi kompensasi berupa jaminan kesehatan seperti fasilitas kesehatan, posko kesehatan, dan alat pendukung lainnya kepada masyarakat di wilayah terdekat yang dapat mendeteksi Virus Corona.
  2. Meminta pemerintah mendatangkan dokter, psikiater ke Kepulauan Seribu. Karena saat ini kami tahu masalah ini tidak hanya berdampak kepada fisik, tetapi juga mental masyarakat Kepulauan Seribu.
  3. Meminta Kementerian Kesehatan RI wajib melakukan sosialisasi dan membuka fakta dan data dari 188 WNI yang akan diobservasi.
  4. Meminta Pemerintah Pusat memberikan garansi keamanan terkait dengan kelangsungan sektor pariwisata yang selama satu dekade ini menjadi sumber ekonomi masyarakat selain perikanan.

Demikian surat terbuka ini kami sampaikan, besar harapan kami agar hal-hal tersebut diatas dapat menjadi perhatian Bapak Presiden.

Hormat Kami,
Atas Nama Masyarakat Kepulauan Seribu
DPD II KNPI Kepulauan Seribu

Lukman Hadi
Ketua

Tembusan, Yth :
1. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI : Bpk. Muhadjir Effendy
2. Menteri Kesehatan RI : Bpk. Letjen TNI Dr. dr. Terawan Agus Putranto Sp.Rad(K)
3. Menteri Dalam Negeri RI : Bpk. Jend. Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Tito Kanavian, M.A., Ph.D.
4. Ketua DPR RI : Ibu. Puan Maharani
5. Ketua MPR RI : Bpk. Bambang Soesatyo
6. Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) : Bpk. Idham Azis
7. Panglima TNI Republik Indonesia : Bpk. Marsekal TNI Hadi Tjahjanto
8. Ketua DPRD DKI Jakarta : Bpk. Prasetyo Edi Marsudi, S.H.
9. Gubernur DKI Jakarta : Bpk. H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D.
10. Bupati Kepulauan Seribu : Bpk. Husein Murad
11. Ketua DPP KNPI : Bpk. Haris Pratama
12. Ketua DPD KNPI DKI Jakarta : Bpk. Ichwanul Muslimin Dault

Link Unduh PDF Surat Terbuka KNPI : Surat Terbuka Corona

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *